Pakai Mecin Berbahaya? Justru Ini Manfaatnya Yang Bunda Harus Tahu

Perum GAS - Mecin sering dipakai para bunda sebagai bahan penguat rasa ketika memasak di dapur. Nama lainnya dalah vetsin, MSG alias monosodium glutamat. Benarkan mecin berbahaya yang membuat bodoh, membuat kita sakit dan tidak bagus bagi tubuh?



Penggunaan MSG ini masih simpang siur begitu, semacam perdebatan tiada akhir karena setiap ditanya kenapa, pasti jawab nya "kata si A, kata tetangga saya dan kata nya" karena galau, ya terpaksa ikutan tidak pakai mecin.

Monosodium glutamat adalah bahan yang mengandung sodium (kata lain adalah natrium), glutamat dan air. Ketiga bahan tersebut merupakan zat gizi. Di sana ada kata sodium, nah sodium ini sama saja dengan natrium. Dan tahu natrium ada di mana ? Di Garam ! Jadi, kalo garam itu (NaCl) alias natrium klorida nah mecin ini natrium glutamat. Beda nya yang satu klorida, yang satu glutamat.

Glutamat ini apa yaa ?

Glutamat ini asam amino non-esensial. Dia bisa diproduksi dalam tubuh, Perannya dalam tubuh adalah untuk metabolisme fungsi otak dan otot. Jadi di tubuh manusia itu ada 20% protein. Nah 20% dari protein tersebut adalah kandungan glutamat. Tidak cuma di dalam tubuh tapi kandungan glutamat ini bisa didapatkan di ikan, sayur, buah dan bahkan ASI (air susu ibu).

MSG ini dibuatnya dari apa ???

Biasanya dari tebu, ada juga yang dari ekstrasi lobak, singkong dan gandum. Bahan alami. Gula juga dari tebu. Tepung juga dari gandum kan yah. Jadi si tetes tebu atau singkong ini difermentasi pakai bakteri Brevi-bacterium lactofermentum, terus ditambahin garam biar mengkristal deh.

Manfaat MSG

Kandungan sodium di 5 gram garam setara 2000 mg mecin atau MSG, sementara 5 gram MSG sodiumnya hanya 600 mg. Makanya, penggunaan mecin ini baik untuk menggantikan garam bagi penderita hipertensi karena sodiumnya lebih kecil. Ditambah lagi, glutamat itu bikin gurih. Gurih itu menguatkan rasa, jadi lebih enak. Mecin bisa dijadikan bahan untuk penambah nafsu makan.

Manfaat lain, MSG meningkatkan cairan ludah jadi gampang menelan (Schiffman S and Miletic I, 1999; Hodsom N and Linden R, 2006) dan meningkatkan cairan lambung lho! (Vasilevskaia L, et. Al 1993), Jadi makanan lebih sempurna dicerna dan buat yang ada masalah lambung aman mengkonsumsi mecin

Dosis MSG

U.S Food and Drug Administration (USDFA), dianjurkannya kita konsumsi mecin itu 1,5 gram perhari. Itu sebanyak apa sih? Menurut sampling, Bang Ijul, tukang bakso, akan memberikan 0,5 gram mecin dalam satu mangkok. Berarti kalau kita makan 3 mangkok bakso dan kuahnya dihabiskan, baru tuh kita makan 1,5 gram mecin.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 722/ Menkes/ Per/ IX/ 88 Tgl. 20/09/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan (BTP): “MSG adalah BTP penguat rasa yang diizinkan dengan batas maksimum ‘secukupnya’ (sewajarnya sesuai dengan tujuan penggunaannya)

Posting Komentar

0 Komentar