Begini Cara Buat Reportasi Kegiatan Warga, Semua Bisa Online

Perum GAS - Kegiatan warga baik itu acara tujuhbelasan yang kemarin sukses dan semarak dilakukan baik itu kalangan anak-anak juga tak luput bunda dan "panda" (ini sebutan buat bapak lho, wkwk) ikut serta. Baru saja juga kita merayakan tahun baru Islam 1441 Hijriah. Bagaimana kita mendokumentasi semua kegiatan ini agar rapi dan kelak menjadikannya sebuah kenangan dan informasi yang meginspirasi bagi lainnya.


Mungkin media sosial seperti facebook, twiter maupun instagram atau platform video youtube menjadi pilihan mudah. Kalau berupa gambar bisa upload dan cukup berikan caption atau sedikit keterangan, cukuplah. Atau bisa mencoba memvideokan kegiatan dan mempunyai channel tentang kegiatan warga. Tapi sebaiknya orang yang "bisa ngomong" dan komunikatif.

Ada cara lain yang patut Anda coba yakni melalui tulisan.Seperti reporter saja dan hasilnya diterbitkan melalui media. Dalam hal ini yang tepat adalah sebuah blog. Koran sudah tidak laku lagi cuy, digantikan media digital online dan penetrasi pembaca menjangkau lebih luas.

Sebenarnya kita nggak perlu jadi jurnalis sungguhan. Kita rekam kegiatan warga, maksud dari merekam itu adalah kita bisa hadir langsung dan melihat secara nyata, ikut merasakan suasana dan jangan lupa ambil foto untuk dokumentasinya.

Olah data seperti mewancarai tokoh, penyelenggara perangkat pemerintahan, atau berbincang sesama warga menjadi masukan yang sangat berarrti dalam penulisan kelak. Kegiatan warga apa saja sih yang perlu kita publikasikan dan ditampilkan di blog yang akan kita tulis?

Tentu saja kegiatan warga yang positif, informatif dan menjadi inspirasi warga lainnya kelak. Kegiatan olahraga, ibu-ibu PKK, atau peluang bisnis bisa menjadi ide yang bagus untuk dimuat dan diterbitkan.

Posting Komentar

0 Komentar